About Us | Contact | Disclaimer | Privacy Policy | Sitemap

Hikmah Haji Yang Terkandung Dalam Rukun Islam

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kembali lagi kita disini alhamdulilah masih bisa diberi kesehatan oleh yang kuasa. Kali ini kita akan belajar agama islam dengan memahami Hikmah Haji Yang Terkandung Dalam Rukun Islam. Yang kita tahu bahwa rukun islam ini juga syariat dari islam, akan tetapi hanya sebatas kita tahu saja tidak mengerti bagaimana hikmah jika kita paham tentang rukun islam yang ada di agama islam sendiri.

Pada umumnya rukun islam yang di turunkan yang kuasa kepada manusia memiliki sebuah hikmah yang sangat besar, dan kita tahu bahwasannya disini juga adalah rukun yang harus di jalankan oleh umat manusia yang beragama islam, coba kita belajar lagi untuk memahami tentang rukun islam kepada allah.

Rukun Islam kepada allah itu ada 5, selain itu perlu kita mengerti dan pahami hikmah dari rukun islam ini, mari kita telaah satu persatu untuk saling berbagi ilmu. Karena dalam islampun menganjurkan "samapaikanlah walau hanya satu ayat" dalam hal ini kita pahami untuk saling berbagi ilmu. Hikmah Haji Yang Terkandung Dalam Rukun Islam;


  • Haji adalah simbol yang terbentuk dari berbagai amalan, simbol penyerahan diri seorang hamba kepada Allah swt.
  • Haji adalah manipestasi prinsip-prinsip islam, manipestasi ukhuwah islamiyah, dimana umat Islam merasakan secara nyata bahwa mereka adalah saudara bagi setiap muslim di dunia
  • Haji adalah Madrasah, tempat penggemblengan yang mengantarkan manusia muslim ke peringkat yang lebih tinggi


Hikmah dari Haji dalam rukun islam ini adalah bahwasannya mengubah diri kita menjadi lebih taat beribadah kepada allah dan menjadikan diri kita mengerti akan prinsip-prinsip islam, manipestasi ukhuwah islamiyah, dimana umat Islam merasakan secara nyata bahwa mereka adalah saudara bagi setiap muslim di dunia.